ZMedia

siapa yang Bangun JIS? Jawaban dan Sejarah Singkat

Berita ambon Berita maluku
Rabu, 08 Mei 2024
siapa yang Bangun JIS? Jawaban dan Sejarah Singkat


Migranews.org - Stadion Internasional Jakarta (JIS) merupakan sebuah stadion sepak bola yang terletak di Tanjung Priok, Jakarta Utara. Stadion megah ini telah menjadi ikon baru bagi Ibu Kota Indonesia. Namun, tahukah Anda siapa yang membangun JIS? Artikel ini akan mengupas tuntas tentang sosok di balik pembangunan stadion kebanggaan warga Jakarta tersebut. Yuk, lanjutkan membaca!

Siapakah yang Membangun JIS?

Stadion Internasional Jakarta (JIS) yang megah menjadi ikon baru kebanggaan Indonesia. Siapa sosok di balik pembangunan stadion modern ini? Adalah Populous, sebuah firma arsitektur ternama asal Inggris yang dikenal karya-karyanya di dunia olahraga, seperti Stadion Emirates Arsenal FC dan Tottenham Hotspur Stadium. Tim Populous dipimpin oleh Christopher Lee, seorang arsitek visioner yang juga merancang Singapore Sports Hub dan Stadion Nasional Olimpiade Tokyo. Dengan prinsip desain yang berpusat pada penonton dan keberlanjutan, JIS menjadi bukti nyata keahlian Populous dalam menciptakan ruang olahraga yang luar biasa.

Terimakasih Sudah Berkunjung ke Migranews.org

Sejarah Singkat Pembangunan JIS

Pembangunan JIS, stadion sepak bola berstandar FIFA di Jakarta, dimulai pada 2019. Stadion ini memiliki kapasitas 82.000 penonton dan merupakan stadion terbesar di Indonesia. Proses pembangunannya terbagi menjadi beberapa tahap, yaitu tahap persiapan, konstruksi, dan finishing. Tahap persiapan meliputi pembebasan lahan dan perencanaan desain. Tahap konstruksi mencakup pembangunan struktur utama stadion, tribun, dan lapangan. Tahap finishing melibatkan pemasangan kursi penonton, sistem pencahayaan, serta fasilitas pendukung lainnya.

Tahap-tahap Pembangunan JIS

Pembangunan JIS, stadion berstandar internasional pertama di Indonesia, merupakan proyek besar yang telah melalui beberapa tahap penting. Tahapan ini meliputi:

  • 1. Persiapan Lahan (2014-2017): Penggusuran dan perataan lahan seluas 22,5 hektar.
  • 2. Desain dan Konstruksi Fondasi (2017-2019): Perancangan stadion dan pembangunan pondasi yang kokoh.
  • 3. Ereksi Struktur Baja (2019-2021): Pemasangan kerangka baja raksasa yang menopang atap stadion.
  • 4. Pemasangan Atap dan Fasilitas (2021-2022): Pemasangan atap yang canggih dan penataan fasilitas pendukung, seperti tribun, ruang VIP, dan area komersial.
  • 5. Finishing dan Uji Coba (2022-2023): Penyelesaian struktur, pemasangan peralatan, dan pengujian lapangan untuk memastikan kesiapan stadion.

Kendala yang Dihadapi dalam Pembangunan JIS

Berbagai kendala menghambat pembangunan Jakarta International Stadium (JIS) yang diharapkan menjadi salah satu stadion modern Indonesia. Pertama, masalah lahan yang sempat terhambat pembebasan dan ganti rugi warga. Kedua, keterlambatan bahan bangunan akibat pandemi COVID-19. Ketiga, perubahan desain stadion yang membutuhkan tambahan waktu dan biaya. Meski menghadapi kendala, pembangunan JIS terus dikebut dengan target rampung pada pertengahan 2023.

Peran Pemerintah dalam Pembangunan JIS

Pemerintah berperan krusial dalam pembangunan JIS (Jakarta International Stadium), sebuah stadion berstandar internasional yang menjadi kebanggaan Indonesia. Sejak awal, pemerintah telah mengalokasikan dana sebesar Rp 4,51 triliun untuk merealisasikan proyek ini. Selain itu, pemerintah juga memfasilitasi perizinan dan koordinasi antar stakeholder yang terlibat dalam pembangunan stadion, seperti kontraktor, arsitek, dan perencana. Komitmen pemerintah dalam pembangunan JIS menunjukkan bahwa mereka memahami pentingnya infrastruktur olahraga modern bagi kemajuan bangsa.

Manfaat Pembangunan JIS bagi Indonesia

Stadion Internasional Jakarta (JIS) menjadi kebanggaan baru bagi Indonesia. Stadion modern ini memiliki fasilitas lengkap dan berstandar internasional, cocok untuk menggelar berbagai event olahraga dan hiburan. JIS memberikan banyak manfaat bagi kamu, yaitu:

  • Meningkatkan prestasi olahraga: JIS menjadi pusat latihan dan pertandingan timnas Indonesia, sehingga diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan prestasi olahraga nasional.
  • Membangkitkan gairah sepakbola: Stadion ini menjadi icon sepakbola Indonesia, sehingga dapat membangkitkan gairah masyarakat untuk mencintai dan mengembangkan olahraga ini.
  • Menciptakan lapangan kerja: Pembangunan JIS menyerap banyak tenaga kerja, baik di sektor konstruksi maupun operasional, sehingga berkontribusi pada perekonomian negara.
  • Menjadi destinasi wisata: JIS menjadi daya tarik wisata baru di Jakarta, menawarkan arsitektur mewah dan pengalaman olahraga yang tak terlupakan.
  • Memperkuat citra Indonesia: Kehadiran JIS menunjukkan bahwa Indonesia mampu membangun fasilitas olahraga kelas dunia, sehingga memperkuat citra negara di mata internasional.

FAQ:

  • Di mana lokasi JIS? Di Tanjung Priok, Jakarta Utara.
  • Kapan JIS diresmikan? 24 Juli 2022.
  • Berapa kapasitas JIS? Sekitar 82.000 penonton.

Dampak Pembangunan JIS bagi Lingkungan Sekitar

Pembangunan Jakarta International Stadium (JIS) yang mengusung konsep green building sejalan dengan upaya pelestarian lingkungan. Stadion berstandar FIFA ini memanfaatkan teknologi ramah lingkungan, seperti panel surya, sistem pencahayaan LED hemat energi, dan pengelolaan air hujan untuk menghemat sumber daya alam. Selain itu, JIS juga memiliki ruang terbuka hijau dan area resapan air yang berkontribusi dalam menjaga keseimbangan ekosistem sekitar.

Harapan Masa Depan untuk JIS

Para pecinta sepak bola Indonesia, bersiaplah untuk masa depan yang gemilang! Stadion Modern Indonesia (JIS) hadir sebagai harapan baru untuk memajukan sepak bola tanah air. Dengan kapasitas 82.000 penonton dan teknologi terkini, JIS menawarkan pengalaman menonton sepak bola yang tak tertandingi. Apakah JIS memenuhi harapan kita? Ya, stadion ini dilengkapi fasilitas kelas dunia dan siap menampung pertandingan internasional. Bagaimana JIS berkontribusi pada sepak bola Indonesia? Dengan menjadi landmark kebanggaan, memacu semangat pemain, dan menginspirasi generasi muda untuk berprestasi di lapangan hijau.

Demikian misteri terungkap, pembangunan Jakarta International Stadium (JIS) genap dua tahun. Stadion megah berkapasitas 82 ribu tempat duduk ini merupakan buah kerja keras Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan jajarannya. Keberadaan JIS menjadi bukti nyata komitmen Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam memajukan olahraga dan menghadirkan ruang publik yang berkualitas bagi warganya. Hingga detik ini, JIS tetap menjadi landmark kebanggaan kota Jakarta dan Indonesia. Terima kasih sudah membaca artikel ini, jangan lupa share ke teman-teman kalian, ya. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya!